Alasan Kenapa Jerawat Memerah ?

Kulit seringkali tidak bisa lepas dari berbagai macam masalah, termasuk masalah jerawat. Munculnya jerawat di wajah sebisa mungkin dihindari oleh semua orang, baik pria maupun wanita. Tidak sekedar mengganggu penampilan, namun ada dampak piskologis tersendiri yang harus ditanggung seseorang karena munculnya jerawat di wajah, misalnya menurunnya kepercayaan diri. Belum lagi jika jerawat meninggalkan bekas kemerahan yang susah hilang.

Beberapa jenis jerawat, seperti jerawat batu yang parah memang selalu meninggalkan bekas. Bekas tersebut bisa berwarna merah atau hitam. Anda pasti bertanya Tanya, kenapa bekas jerawat merah? Berbagai hal yang menyebabkan bekas jerawat menjadi merah memang penting untuk diketahui agar bisa dihindari sehingga bekas jerawat merah tidak akan muncul.

Sesorang pasti mersa terganggu dengan hadir nya jerawat terutama wanita yang selalu ingin tampil semupurna dan menawan. jerawat adalah salah satu penghalang dan menjadikan mereka tidak percaya diri. sehingga mereka harus berusaha menghilangknanya dengan berbagai cara. ketika jerawat sudah hilang ternyata masih ada masalah lain yaitu bekas jerawat yang memerah.

bekas jerawat yang memerah di wajah sangat mengganggu penampilan anda. untuk itu, anda harus tahu penyebab bekas jerawat yang memerah dengan mengetahui sebab- sebab nya suapaya anda bisa menghindari hal tersebut. Berikut adalah penyebab bekas jerawat memerah. simak penjelasannya dan baca hingga tuntas :

1. Peradangan Jerawat

Saat jerawat sedang meradang dan mencapai puncak pertumbuhan, warnanya pasti akan memerah karena banyaknya darah kotor. Jerawat yang sudah matang adalah ciri ciri jerawat meradang dan akan segera sembuh. Jerawat yang meradang kemungkinan besar akan meninggalkan bekas jerawat yang berwarna merah.

peradangan pada jerawat bisa anda ketahui jika jerawat yang anda alami menjadi sangat merah.Pada fase ini pertumbuhan jerawat sedang mencapai puncaknya. efek sampingnya adalah kulit akan terasa lebih sensitif dan nyeri. tidak boleh menyentuh atau memencet jerawat ketika meradang karena akan memperparah kondisi jerawat

2. Konsumsi Obat Obatan

Beberapa jenis obat obatan seperti pil KB bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat. Saat mengonsumsi pil KB, hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Seperti yang diketahui, kadar hormon di dalam tubuh yang tidak seimbang adalah salah satu faktor yang bisa menyebabkan jerawat di kulit.

3. Faktor Hormonal

Kadar hormon di dalam tubuh sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan kulit. Itulah mengapa saat hormon di dalam tubuh sedang tidak seimbang, jerawat lebih mudah muncul di kulit. Hormon penyebab jerawat paling banyak muncul saat seseorang berada dalam kondisi tertentu. Misalnya wanita yang menstruasi dan menopause, stress, suka begadang, hingga gaya hidup yang tidak sehat.

4. Faktor Genetik

Perhatikan keluarga kita yang lain, apa mereka memiliki kulit yang berjerawat? jika iya jawabannya, maka kemungkinan besar jerawat anda di sebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. untuk pencegahannya anda bisa menghindarinya dengan cara alami yaitu selalu merawat kulit dengan rutin sehingga bisa mencegah resiko jerawat muncul di kulit.

faktor genetik adalah faktor internal dan eksternal yang tak bisa di abaikan. kondisi kulit nya biasanya di turunkan oleh orang tua nya. kesimpulannya apabila anggota keluarga anda memilliki masalah kulit seperti berjerawat atau berminyak, maka kemungkinan masalah utama nya adalah di pengaruhi faktor keturunan.

5. Memencet Jerawat

Bekas jerawat merah isa disebabkan oleh kebiasan buruk memencet jerawat. Memencet jerawat dan memaksa jerawat untuk meletus sebelum waktunya akan membuat jerawat meninggalkan bekas jerawat merah. Selain itu memencet jerawat juga bisa menyebabkan luka dan infeksi pada jerawat. Lakukan berbagai cara menghilangkan kebiasaan memencet jerawat untuk menghindari dampak buruknya.

6. Tidak Menggunakan Obat Penghilang Jerawat

Saat jerawat muncul, tentu saja langkah pengobatan untuk menghilangkan jerawat harus segera dilakukan. Gunakan obat jerawat, seperti salep penghilang jerawat yang banyak dijual di apotek. Obat penghilang jerawat akan membantu mengurangi resiko bekas jerawat merah muncul di wajah. dan bisa menghindari jerawat tumbuh lebih banyak pada kulit anda terutama wajah.

7. Stress yang Berlebihan

Setres adalah keadaan psikologis yang menjadi penyebab tumbuh nya jerawat pada wajah. sehingga yang setress mudah sekali terkena jerawat. Karena Pada kondisi ini, hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang. ketika setres  jerawat bermunculan dan menjadi merah karena di sebabkan oleh pengaruh hormon. jadi apabila setress tidak hilang maka kemungkinan jerawat pun tidak berhenti muncul pada kulit. untuk itu, hindari setress dengan cara apapun.

8. Sinar Matahari

Buat Anda yang punya banyak aktivitas di luar ruangan, pasti kulitnya lebih mudah terserang jerawat. Anda pasti sudah tidak asing dengan bahaya sinar matahari untuk kulit, bukan? Hindari sinar matahari secara langsung jika anda tidak mau jerawat terus bermunculan. Sinar matahari yang langsung kena pada kulit akan mengakibatkan jerawat yang membekas seperti memerah dan flek hitam sampai penuaan dini. Cara mencegahnya adalah dengan menggunakan tabir surya yang memiliki kandungan SPF untuk melindungi kulit saat akan keluar rumah.

9. Makanan

Makanan yang anda konsumsi bisa membuat jerawat merah muncul pada wajah. Ada bebrapa jenis makanan yang membuat jerwat anda semakin parah dan wajib di jauhi salah satunya adalah makanan pedas. Rasa pedas memang menjadi citarasa tersendiri yang khas pada masakan Indonesia. Tetapi cabai yang menciptakan rasa pedas ternyata bisa merangsang produksi minyak wajah meningkat.selain itu makanan yang berlemak juga bisa membuat jerawat anda bertambah banyak. contohnya adalah gorengan, kurangi makan gorengan karena bisa membuat jerawat anda terus bermunculan. Sama halnya seperti makanan pedas, makanan berlemak bisa menyebabkan minyak di wajah menjadi semakin banyak.

10. Kosmetik

Tidak semua jenis kosmetik cocok untuk jenis kulit anda. Banyak kossmetik yang justri menjadi pemicu tumbuhnya jerawat pada kulit anda. hentikan pemakaian kosmetik jika ada gejala- gejala pada kulit anda seperti memerah atau gatal. agar jerawat yang anda alami tidah bertambah banyak atau semakin parah supaya keadaaan kulit yang netral bisa membantu cepat menyembuhkan jerawat.

11. Kulit Sensitif

kulit yang sensitif akan sangat merah dan mudah sekali di tumbuhi jerawat. salah satu ciri kulit sensitif adalah mudah meradang dan lebih tipis. Gunakan gel lidah buaya untuk mengurangi peradangan pada kulit serta meredakan kemerahannya. Gel lidah buaya bisa menenangkan kulit dan membuat kulit terasa dingin dan sejuk sehingga kulit bisa lebih terjaga.

Setelah menemukan jawaban kenapa bekas jerawat merah, lakukan pencegahan sebisa mungkin agar bekas jerawat tidak merah. Akan lebih baik lagi jika jerawat tidak meninggalkan bekas sama sekali. Jaga kesehatan kulit dengan baik agar terhindari dari jerawat. Rawatlah kulit dengan baik secara rutin dengan menggunakan bahan alami atau dengan produk perawatan yang sesuai dengan jenis kulit.

Terima kasih. ikuti terus artikel kami

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Reply: