Cara Mengatasi Dan Mencegah Jerawat Pada Wajah

Jerawat adalah masalah kulit yang terlihat sederhana dan sangat umum, akan tetapi seringkali menimbulkan berbagai macam masalah serius, mulai dari kesehatan hingga psikologis. Jerawat akan membuat kulit wajah terlihat tidak sempurna, apabila terlalu parah–bisa meninggalkan bekas luka; akibatnya, kita sering kehilangan rasa percaya diri dan tidak berani tampil alami jika berjerawat. Remaja yang memasuki usia pubertas adalah yang paling sering mengalami masalah jerawat. Itulah sebabnya kita akan bersama tentang bagaimana Tips Mencegah dan Mengatasi Jerawat di Wajah dengan cara yang baik dan benar.

Tips Mencegah dan Mengatasi Jerawat di Wajah

Mencegah dan mengatasi jerawat di wajah secara cepat bisa dilakukan dengan beberapa cara, di antaranya adalah:

Biasakan membersihkan wajah dari make up dan noda serta biasakan mencucinya secara teratur

Membersihkan wajah adalah langkah pertama yang harus Anda lakukan. Ini wajib jadi rutinitas harian agar jerawat tidak mudah muncul. Tips Cuci wajah untuk mencegah jerawat adalah:

  • Bersihkan wajah dari make up di malam hari
  • Lanjutkan dengan mencuci wajah menggunakan facial foam
  • Cuci wajah di pagi hari untuk mencegah jerawat datang
  • Biasakan mencuci wajah setelah bepergian, terutama jika Anda menggunakan kendaraan roda dua atau setelah Anda berjalan-jalan di tempat yang rawan polusi
  • Gunakan sabun wajah yang ringan dan bebas pewangi
  • Cucilah wajah hanya dengan menggunakan air hangat dan air dingin, hindari menggunakan air panas karena bisa memicu jerawat serta kulit kering
  • Sediakan handuk khusus untuk wajah (untuk mengeringkan air di wajah). Sebaiknya, hindari menggunakan handuk badan untuk wajah karena sel-sel kulit mati yang menempel di handuk (untuk badan) bisa lengket di handuk dan berpindah ke wajah yang bisa menimbulkan jerawat

Hilangkan kebiasaan menyentuh wajah atau memegang wajah

Tips Mencegah dan Mengatasi Jerawat di Wajah

Sering tanpa sadar kita memegang wajah atau menyentuhnya dengan tangan. Ketika sangat diperlukan, tentu saja hal tersebut tetap boleh dilakukan. Namun untuk hal-hal yang tidak penting, sebaiknya hindari menyentuh wajah dengan menggunakan tangan, apalagi jika tangan kotor dan belum dicuci. Karena, tangan merupakan salah satu sumber bakteri penyebab infeksi dan jerawat.

Konsumsi makanan sehat

Tips Mencegah dan Mengatasi Jerawat di Wajah

 

Jika kita terbiasa mengkonsumsi makanan-makanan yang kosong kalori alias rendah gizi (vitamin dan mineral) serta serat, maka jangan heran apabila kulit mudah berjerawat. Jika ingin memiliki kulit halus yang sehat dan segar serta bebas dari masalah jerawat, mulai saat ini, biasakan diri mengkonsumsi makanan-makanan sehat yang banyak mengandung vitamin dan mineral serta serat.

Anjurannya, konsumsilah buah antara 3-5 porsi per hari, sayuran 2-3 porsi, dan sumber protein nabati 2-3 porsi. Sebaliknya, kurangi konsumsi daging, susu, gula (pemanis), dan garam serta makanan-makanan yang digoreng.

Manfaatkan produk kosmetik yang menawarkan anti jerawat

Tips Mencegah dan Mengatasi Jerawat di Wajah

Ada beberapa produk kosmetik seperti pelembab dan krim yang menawarkan sejumlah manfaat nutrisi dan menawarkan manfaat non-comedogenic (anti jerawat). Bagi Anda yang punya kulit wajah berminyak, Anda sangat dianjurkan untuk menggunakan pelembab yang bisa meminimalisir produksi minyak di wajah. Bagi pemilik kulit kering, pelembab juga akan sangat efektif untuk mengatasi kekeringan pada wajah dan untuk mengatasi agar kulit tidak terkelupas.

Hematlah dalam menggunakan make up

Selain berhemat, Anda juga perlu meminimalisir penggunaan make up. Baik itu foundation (alas bedak), bedak, hingga blush on. Setelah menggunakan make-up, pastikan Anda membersihkannya dan mencucinya sebelum tidur. Jika memungkinkan, pilihlah kosmetik yang bebas minyak dan tanpa menggunakan pewarna atau bahan kimia tambahan.

Tips: Pilihlah make up yang dilengkapi dengan anti jerawat jika Anda berjerawat. Pilihlah yang pada labelnya tertulis “non-comedogenic.”
Berhati-hatilah terhadap sinar ultraviolet dari matahari. Karena sinar ultraviolet dari matahari bisa menyebabkan peradangan dan warna kemerahan pada kulit. Selain itu, sinar ultraviolet juga terkenal dapat menyebabkan hiperpigmentasi pasca inflamasi (bisa menyebabkan kulit berwarna gelap).

Yang harusnya menjadi concern Anda: lindungi kulit dari sinar matahari langsung apabila Anda menggunakan obat jerawat, karena biasanya obat jerawat bisa meningkatkan sensitifitas kulit terhadap sinar matahari. Sebisa mungkin, hindari paparan sinar matahari langsung antara pukul 10.00-15.00. Gunakan topi atau helm saat bepergian dan terapkan tabir surya dengan SPF 30 atau yang lebih 20 menit sebelum keluar ruangan.

Jangan lupa berolahraga

Tips Mencegah dan Mengatasi Jerawat di Wajah

Olahraga atau latihan (workout/exercise) tidak hanya bermanfaat untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan dapat membuat imun tubuh meningkat, melainkan juga sangat bermanfaat untuk membuat kulit menjadi lebih sehat, lebih kenyal, lebih halus, lebih bersinar, dan bebas dari berbagai macam masalah–termasuk jerawat. Olahraga juga bisa membuat peredaran darah di dalam tubuh menjadi lancar. Darah yang lancar adalah kunci lainnya untuk mencegah jerawat

Gunakan bahan alami untuk mengatasi jerawat

Selain menggunakan obat over-the-counter, sebenarnya beberapa bahan alami juga ada yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah dan mengatasi jerawat di wajah. Beberapa yang umum digunakan adalah: madu, cuka sari apel, dan lemon.

1. Madu

Cara memanfaatkannya, cukup oleskan madu di bagian kulit yang berjerawat kemudian diamkan selama 30 menit sebelum dibersihkan dan dicuci.

Madu selain dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat, juga bisa digunakan untuk mencegah jerawat. Karena pada madu terkandung sifat antiseptik alami yang bisa mengatasi berbagai masalah kulit.

2. Lemon

Bahan alami kedua yang sering digunakan untuk mengobati jerawat adalah lemon. Namun lemon tidak disarankan untuk kulit sensitif. Seperti madu, lemon juga efektif menyingkirkan jerawat dan bermanfaat untuk mencerahkan kulit.

Cara menggunakannya: Ambil perasan air lemon kemudian oleskan di bagian kulit yang berjerawat, lalu diamkan selama 10-15 menit sebelum dibersihkan.

3. Cuka sari apel

Cara menghilangkan jerawat dengan cuka apel adalah: Sediakan 1 sdt cuka sari apel kemudian campurkan dengan 1 sdt air bersih. Kemudian terapkan campuran tersebut dengan bola kapas pada kulit yang berjerawat. Diamkan selama 15-20 menit lalu bilas. Cuka ini tidak disarankan untuk kulit sensitif.

Hindari makanan-makanan pemicu jerawat

Tips Mencegah dan Mengatasi Jerawat di Wajah

Ada macam-macam jerawat yang umum dikenal seperti:

  • Jerawat biasa
  • Jerawat batu
  • Jerawat juvenile
  • Jerawat vulgaris
  • Jerawat rosacea
  • Jerawat nitrosica
  • Komedo

Berbagai jenis jerawat tersebut bisa dipicu oleh berbagai hal, mulai dari kondisi lingkungan, gaya hidup, hingga makanan yang kita konsumsi. Khusus untuk makanan, berikut adalah daftar makanan yang sebaiknya Anda kurangi atau hindari untuk mencegah jerawat:

  1. Roti putih
  2. Keripik kentang
  3. Susu
  4. Susu coklat
  5. Es krim
  6. Soda atau minuman ringan
  7. Pizza
  8. Putih telur
  9. Mayonaise
  10. Berbagai jenis makanan cepat saji
  11. Kurangi konsumsi daging
  12. Alkohol
  13. Minuman berenergi yang banyak mengandung gula
  14. Sebaliknya, ada beberapa makanan yang dapat membantu mengurangi resiko terkena jerawat di antaranya adalah:

  • Ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan ikan tuna
  • Kacang mete
  • Makanan dan minuman probiotik seperti yogurt
  • Biji rami
  • Teh hijau
  • Tiram
  • Jus

Kesimpulan

Sebenarnya, jerawat datang bukan hanya disebabkan oleh kondisi kulit wajah yang kurang baik saja. Melainkan ada banyak sekali faktor penyebab jerawat datang seperti faktor hormonal, makanan yang mengandung pemicu jerawat seperti makanan berminyak serta kondisi pikiran yang kurang baik atau stress. Oleh karenanya, membuat diri sendiri menjadi bahagia dan senang adalah cara ajaib lainnya untuk mencegah jerawat datang. Dan biasanya, kesenangan wanita ini didapatkannya mudah sekali kok, hanya dengan belanja pakaian atau aksesoris cantik seperti sepatu impian misalnya, rasanya sudah sangat bahagia. Dengan bahagia, hormon kita akan menjadi jauh lebih baik dan jauh juga ari jerawat.

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Reply: