Cara Merawat Jenis Kulit

1. Kulit Sensitif atau Kulit Tidak Toleran

Hasil gambar untuk kulit sensitif

Gejala-gejalatype kulit ini yaitu rasa menusuk dan kencang, sensasi panas, atau bahkan terasa terbakar dan terkadang terasa gatal. Tipe kulit ini seringkali tidak dapat mentolerir pemakaian berbagai produk kosmetik pada wajah, karena kulit sensitif/tidak toleran memiliki toleransi yang rendah dibandingkan kulit normal, sehingga reaksinya dapat berlebihan terhadap suatu rangsangan. Jika Anda merasa kulit wajah seperti tertusuk, panas, menyengat, dan gatal (namun tidak terlalu sering), kemungkinan besar Anda memiliki tipe kulit ini.

Cara merawat kulit sensitif atau kulit tidak toleran:

Sebaiknya kunjungi dokter kulit Anda agar dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan kulit bereaksi atau membuatnya lebih buruk dan memberi Anda saran yang tepat. Selain itu, semua sumber agresi yang dapat memicu iritasi kulit, seperti paparan udara dingin dan sinar matahari, produk perawatan kulit yang berbahan dasar keras dan agresif harus dihindari. Anda juga sebaiknya membersihkan wajah dengan produk pembersih dengan formula dan fitur yang baik, lembut, dan sangat toleran serta menggunakan krim perawatan yang diformulasikan untuk kulit yang sensitif untuk meningkatkan pertahanan kulit dan meredakan sensitivitasnya.Serta jangan pernah lupakan untuk menggunakan tabir surya dengan perlindungan terhadap sinar UVB (SPF 50+) dan perlindungan terhadap UVA (PA++++).

2. Kulit Kering hingga Kulit Sangat Kering

Hasil gambar untuk kulit kering

Tanda pertama Anda memiliki tipe kulit kering hingga kulit sangat kering adalah ketidaknyamanan pada wajah dan tubuh, terutama setelah mandi. Sebab kulit kering pertahanan dan produksi sebum nya lemah. gejalanya yaitu kulit terasa bersisik, pecah- pecah, terasa kencang dan lain sebagainya. Jika Anda memiliki kondisi kulit ini sejak dulu, itu artinya Anda bertipe kulit kering atau sangat kering. Tenang saja, Anda tidak sendirian kok. Sejumlah 3% dari populasi dunia memiliki tipe kulit ini dan biasanya bersifat genetis.

Cara merawat kulit kering hingga kulit sangat kering:  

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menggunakan produk pembersih dan perawatan kulit yang non-agresif atau lembut, diikuti pemakaian pelembap secara rutin yang dapat memberikan kelembapan intensif pada kulit dan mengurangi penguapan air, serta memperbaiki lapisan pelindung kulit yang rusak. Gunakan produk non-detergen dan jika perlu, produk pembersih yang bersifat menghidrasi kembali. Tujuannya adalah untuk mengurangi penguapan air, menjaga jumlah air yang cukup dalam epidermis kulit dan memperbaiki lapisan pertahanan alami kulit yang rusak.

3. Kulit Dehidrasi

Hasil gambar untuk kulit dehidrasi

Apapun tipe kulit Anda – entah itu kering, berminyak, atau kombinasi – dapat mengalami masalah yang sama dengan dehidrasi. Kulit dehidrasi merupakan kondisi kulit di mana kulit kekurangan kadar air pada lapisan epidermis, sehingga efeknya bisa terlihat jelas atau tidak terlalu terlihat, namun kekurangan air ini dapat menyebabkan kulit di wajah dan di beberapa atau malah seluruh tubuh Anda terasa tidak nyaman, menjadi kusam, dan warnanya terlihat tidak merata, terutama setelah mandi. Meskipun gejalanya sangat mirip, kulit dehidrasi tidak bisa disamakan dengan kulit kering. Keduanya adalah masalah kulit yang berbeda.

Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan kulit dehidrasi:

  •         Faktor lingkungan seperti udara dingin, musim dingin, angin, polusi, sinar UV, dll;
  •         Faktor eksternal seperti tembakau atau alkohol;
  •         Faktor emosional, stres atau kelelahan;
  •         Perawatan medis tertentu, seperti obat anti jerawat atau anti kolesterol; dan
  •    Produk kosmetik yang terlalu agresif, mengandung deterjen, bersifat mengelupas atau membuat kulit kering.

Namun jangan khawatir, kulit dehidrasi merupakan kondisi sementara yang dapat dikembalikan dengan produk-produk perawatan yang sesuai.

Cara merawat kulit dehidrasi:  

Meskipun dehidrasi kulit berhubungan erat dengan sirkulasi air yang buruk dalam kulit, Anda tetap harus memastikan untuk tetap terhidrasi dengan minum setidaknya 1,5 liter air per hari (kecuali dokter melarang Anda karena kondisi tertentu). Cobalah untuk menjaga suhu dalam ruangan yang sehat dengan menghindari ruangan ber-AC yang dapat mempercepat penguapan pada kulit. Selain itu juga selalu penting untuk memilih produk pembersih dan perawatan kulit yang bersifat non-agresif. Gunakan produk-produk pembersih yang bersifat menghidrasi kembali, tidak mengandung detergen. Tujuannya adalah untuk mengurangi penguapan air, mempertahankan jumlah air yang cukup dalam lapisan epidermis, dan memperbaiki pelindung kulit yang rusak. Selain itu, dua kali sehari setelah membersihkan wajah, ingatlah untuk selalu mengaplikasikan produk pelembab yang mengandung formula khusus untuk meningkatkan kadar air pada kulit (menghidrasi kulit) dan juga memperkuat lapisan pertahanan kulit sehingga dapat mengurangi rasa kencang dan penguapan air pada kulit.

4. Kulit Dermatitis Atopik

Hasil gambar untuk Kulit Dermatitis Atopik

Tipe kulit ini merupakan bentuk yang lebih parah dari kulit yang sangat kering, karena disertai dengan peradangan kronis, iritasi, dan juga gatal-gatal. Penyakit kulit ini merupakan genetik dan seumur hidup namun tidak menular.

Cara merawat kulit dermatitis atopik:

Jika Anda memiliki tipe kulit ini, pastikan untuk segera melakukan pengobatan yang dikonsultasikan ke dermatologist. Anda mungkin saja harus melakukan diet makanan tertentu untuk mencegah alergi lebih lanjut. Hindari faktor-faktor penimbul alergi yang dapat menyebabkan reaksi peradangan akut seperti serangga, serbuk sari, bulu binatang, dan paparan terhadap tembakau. Selain itu, mandi dengan air bertemperatur normal/biasa selama lima sampai sepuluh menit setiap hari dengan shower (tidak lebih dari 35 derajat Celcius; kulit kering tidak nyaman terkena air panas). Jangan menggunakan sabun atau pembersih yang agresif atau mengandung formula yang terlalu banyak mengandung busa dan kandungan yang keras. Pilihlah produk dengan formula dan fitur yang sudah diformulasikan untuk kulit atopik dermatitis atau kulit sangat sensitif. Jangan gunakan sabun biasa karena dapat mengiritasi dan membuat epidermis menjadi kering. Keringkan kulit dengan hati-hati menggunakan handuk berbahan katun lembut. Untuk perawatan kulit sehari-hari, oleskan pelembab yang bertoleransi tinggi sekali atau dua kali sehari yang dapat membantu memperbaiki pertahanan kulit, membuat kulit Anda lentur dan lembut, serta mengurangi hipereaktivitas.

5. Kulit Kombinasi hingga Kulit Berminyak dan Berjerawat

Hasil gambar untuk Kulit Kombinasi

Orang-orang dengan kulit kombinasi atau berminyak biasanya memiliki masalah dengan kualitas dan kuantitas sebum, yang berarti kulit cenderung memiliki lebih banyak jerawat dan noda lainnya. Kulit berjerawat memang umum terjadi pada 80% remaja. Tapi jerawat juga bisa berdampak pada orang dewasa, baik pria maupun wanita. Oleh karena itu, dibutuhkan perawatan yang tepat karena jerawat dapat diatasi.

Cara merawat kulit kombinasi hingga kulit berminyak dan berjerawat:

Jika kulit Anda berjerawat, tak ada cara lain selain menjalani perawatan rutin karena harus dilakukan secara bertahap. Bersihkan wajah secara rutin sebanyak dua kali sehari, pilih produk pembersih yang khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat dengan formula dan fitur yang baik, tidak agresif, dan tidak membuat wajah menjadi dehidrasi dan kencang, lalu lanjutkan dengan krim perawatan yang secara intensif mengatasi masalah-masalah pada kulit berminyak dan berjerawat. Lindungi juga kulit dari sinar matahari yang dapat memperburuk kondisi jerawat dengan memakai tabir surya yang mengandung perlindungan terhadap UVB dan UVA (minimal SPF 30 & PA+++). Jangan sentuh noda jerawat karena dapat memperburuk peradangan (meningkatkan jumlah dan ukuran jerawat), serta meningkatkan risiko bekas luka yang muncul. Pastikan juga Anda menggunakan produk pembersih non-agresif. Anda dapat menggunakan produk perawatan scrub yang menghaluskan tekstur kulit, mengencangkan pori-pori, dan mencerahkan wajah sebanyak 1-2 kali dalam seminggu .

semoga bermanfaat terima kasih

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Reply: