Apa Itu Jerawat Batu (Kistik)?


Jerawat adalah penyakit yang mempengaruhi permukaan kulit manusia ketika pori-pori tersumbat dan terinfeksi oleh kotoran dan bakteri. Setiap orang memiliki potensi yang dipengaruhi oleh jerawat namun sebagian besar remaja cenderung memiliki masalah jerawat lebih disebabkan hormon dan perkembangan pertumbuhan. Selain perubahan hormonal, kulit berminyak dan berminyak, produk yang digunakan untuk kulit dan rambut, obat yang dikonsumsi dan bahkan tingkat kelembaban yang dapat menyebabkan berkeringat lebih sering adalah salah satu faktor dari jerawat. Mencari obat alami tidak begitu sulit, ketika Anda tahu bagaimana menemukan apa yang secara klinis terbukti untuk bekerja.

Tahukah anda, apa itu jerawat batu?

Cystic jerawat adalah kondisi memiliki jerawat di dalam kulit Anda akibat infeksi dan biasanya menyebabkan nyeri terlalu banyak. Hal ini dapat diisi dengan baik cairan atau udara dan itu sangat lembut. Namun, beberapa dermatologists percaya bahwa kista jerawat tidak benar-benar kista namun menggambarkan mereka sebagai jerawat nodular meradang. Jerawat dapat terjadi pada, leher dada wajah, dan bahkan di bagian belakang. Dalam kebanyakan kasus, penderita secara aktif mencari pengobatan terbukti.

Hal ini pasti menjadi masalah bagi kebanyakan orang. Jerawat sendiri merupakan keadaan dimana pori – pori kulit mengalami penyumbatan sehingga dapat muncul kantung nanah yang meradang. Namun, berbeda dengan jerawat batu. Jerawat batu adalah salah satu jenis jerawat yang sangat ditakuti. Jerawat batu memiliki bentuk lebih besar dari jerawat biasanya, jerawat batu juga dapat merusak sel jaringan pada kulit. Selain itu, bentuk jerawat batu ini juga cukup menonjol dan cenderung keras. Sehingga tampak begitu jelas jika terdapat jerawat ini di bagian wajah.

Jerawat batu biasanya memiliki warna lebih hitam dan ditambah inflamasi yang akan menyebabkan rasa nyeri di bagian wajah. Daerah kulit wajah yang ditumbuhi jerawat batu ini akan mengalami pengelupasan. Jerawat batu akan sangat cepat menyebar ke seluruh bagian wajah dibandingkan dengan jerawat biasa. Yang lebih parah, jika wajah anda dalam keadaan kotor, jerawat ini dapat menyebar hingga di bagian leher. Jerawat ini merupakan bentuk paling parah dari acne vulgaris. Jerawat jenis ini sangat menyakitkan dan akan menyisahkan bekas luka yang cukup dalam. Salah satu ciri dari jerawat batu adalah ketika anda mencoba menekannya dengan cukup kuat, maka akan menyebabkan sakit yang berkelanjutan.

Apa yang terjadi pada penderita jerawat batu?
Tanpa perawatan lebih lanjut, penderita jerawat kistik menemukan diri mereka harus rendah diri karena ketidaksempurnaan kulit mereka dan kadang-kadang sangat malu untuk bersosialisasi dengan sesama teman dan orang lain. Beberapa penderita menolak untuk melihat ke dalam cermin untuk melihat refleksi mereka sendiri dan hal ini dapat menyebabkan depresi. Ketika ini terjadi, tidak ada jalan lain kecuali untuk menemukan pengobatan yang tepat. Mencoba untuk pop jerawat dan memilih kulit dapat menyebabkan kerusakan kulit, memburuknya masalah jerawat dan bahkan jaringan parut dan hiperpigmentasi.

 Apakah ada pengobatan yang tersedia jerawat kistik di luar sana?
Jerawat dapat benar-benar menjadi mimpi buruk dan mencari pengobatan jerawat yang baik kistik dapat menjadi ‘sakit di leher’ sehingga untuk berbicara. Namun, ada banyak perawatan yang tersedia untuk penderita jerawat. Namun, tidak semua perawatan yang terbaik bagi semua orang.

Penyebab munculnya jerawat batu

Jerawat dimulai ketika materi terinfeksi meledak ke dalam kulit setelah dinding folikel retak. Jerawat biasanya ringan dan dapat sembuh dengan cepat jika itu terjadi dekat permukaan kulit, namun istirahat yang lebih dalam menyebabkan luka lebih serius dan ini biasanya berkembang menjadi kista. Para ahli juga menyatakan bahwa jerawat kistik tidak ada hubungannya dengan berapa kali penderita melakukan pembersihan atau mengonsumsi makanan seperti soda atau permen. Jerawat diyakini dijalankan dalam keluarga seperti banyak hal lain seperti diabetes.

Jerawat batu banyak muncul ketika mulai memasuki masa remaja dan dewasa. Jerawat jenis ini sering dianggap jerawat yang cukup parah. Jerawat batu ini mengandung nanah yang meradang dan dapat menyebar secara cepat ke bagian terkedat yang ditumbuhi jerawat batu tersebut. Berikut terdapat beberapa penyebab yang menyebabkan munculnya jerawat batu.

  • Faktor Genetik

Umumnya, orang yang memiliki kecenderungan munculnya jerawat batu, orang tua ataupun salah satu anggota keluarga pun memiliki riwayat sama. Masalah jerawat batu ini bisa muncul karena tipe kulit. Pola makan serta gaya hidup yang sehat akan membantu kesehatan kulit anda.

  • Faktor Hormonal

Salah satu penyebab yang menyebabkan jerawat batu muncul adalah kulit berminyak. Selain itu, remaja yang memasuki masa pubertas saat remaja atau dewasa juga sering mengalami masalah jenis jerawat ini, hal ini terjadi karena perubahan hormon yang cukup signifikan. Agar jerawat batu tidak begitu mudah tumbuh di bagian wajah atau kulit anda, anda dapat membatasi asupan makanan yang berminyak. Pola makan serta gaya hidup yang sehat akan membantu kesehatan kulit anda.

  • Faktor Psikologis

Banyak orang yang mengalami masalah dengan beban pikiran. Sebaiknya anda harus lebih rileks. Salah satu yang menyebabkan munculnya jerawat batu adalah beban pikiran. Beban pikiran yang cukup berat akan mengarah pada stress. Pada saat ini, wajah akan sangat mudah ditumbuhi jerawat jenis ini. Hal ini dapat terjadi karena otot – otot wajah yang menjadi tegang sehingga produksi kelenjar minyak di wajah akan cukup meningkat dan akan tumbuh bakteri penyebab jerawat batu.

  • Faktor Kosmetik

Bagi anda yang harus memakai kosmetik dalam kondisi apapun, pastikan anda harus memilih kostemik yang baik. Karena, kosmetik yang tidak cocok dapat berpengaruh buruk dengan wajah anda. Pastikan untuk segera membersihkan kosmetik jika sudah diperlukan. Bagi anda yang sering memakai kosmetik dengan tebal, segeralah dibersihkan. Kosmetik yang tebal akan sangat memicu timbulnya jerawat batu. Bagi anda yang memiliki tipe wajah berminyak, lebih baik anda memilih kosmetik yang berbahan dasar air. Kosmetik berbahan air ini akan sangat membantu karena tidak dapat menyumbat pori – pori pada kulit.

  • Paparan sinar matahari

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat batu adalah paparan sinar matahari. Sebaiknya jika anda beraktivitas di luar ruangan, anda bisa mengoleskan krim lembut untuk wajah. Terdapat beragam jenis kulit yang akan sangat peka terhadap sengatan sinar matahari, ini akan memicu timbulnya jerawat batu. Pemakaian krim pada wajah pun yang tepat dan teratur akan bisa terhindar dari masalah penuaan dini.

  • Kebersihan kulit

Hasil gambar untuk Kebersihan kulit

Penyebab yang paling banyak ditemukaan saat mengalami permasalahan jerawat batu adalah kebersihan kulit. Anda harus membersihkan wajah secara teratur agar debu ataupun sisa – sisa make up tidak menempel pada wajah dan tidak menutupi pori – pori kulit. Jika anda tidak sering membersihkan kulit wajah, akan muncul juga bakteri yang menyebabkan infeksi pada kulit. Waktu paling baik bagi perawatan atau membersihkan kulit adalah ketika malam hari menjelang tidur.

semoga Informasi ini bermanfaat. Terima kasih

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Reply: