Setelah Perawatan, Mengapa Jerawat Tumbuh Lebih Banyak?

Sebagai wanita tentu Anda akan merasa sebal jika ada jerawat yang tumbuh dikulit wajah Anda kan? Dan biasanya wanita akan cenderung mencoba melakukan berbagai cara untuk menghilangkan jerawat diwajah agar kembali mulus. Salah satu cara yang sering dipilih para perempuan ialah dengan menggunakan jasa ahli di klinik perawatan kulit dan berbagai perawatan kulit lain nya.

Namun, ternyata segala kemungkinan bisa saja terjadi. Tidak semua perawatan wajah yang dilakukan selalu memberikan hasil yang memuaskan. Seperti yang dialami oleh mbak Bunga (bukan nama sebenarnya). Jerawat yang tadinya hanya beberapa, akhirnya malah muncul lebih banyak setelah melakukan perawatan wajah. Apa yang salah ya? Yuk simak pembahasan Setelah Perawatan, Mengapa Jerawat Tumbuh Lebih Banyak?

Mungkin diantara Anda juga ada yang pernah mengalami masalah seperti ini? Atau mungkin justru saat ini Anda sedang menghadapi masalah ini dan merasa bingung mencari jawaban serta solusinya? simak penjelasan berikut mungkin bisa jadi pedoman yang penting buat kamu

Setelah Perawatan, Mengapa Jerawat Tumbuh Lebih Banyak?

Latar Belakang Masalah – Jadi begini ceritanya, teman kami Bunga pada awalnya memiliki keinginan untuk menghilangkan beberapa buah jerawat diwajahnya dan sedikit bekas jerawat yang tidak mau hilang. Akhirnya mbak Bunga memutuskan untuk pergi ke skin care dikotanya untuk melakukan perawatan kulit wajah.

Mengapa Jerawat Tumbuh Lebih Banyak Setelah Melakukan Perawatan Wajah
Mengapa Jerawat Tumbuh Lebih Banyak Setelah Melakukan Perawatan Wajah

Di skin care, mbak Bunga diminta melakukan perawatan berupa BHA peeling sebanyak 3x. Setelah 3x perawatan tersebut, wajah mbak Bunga mulai ditumbuhi jerawat dengan jumlah yang lebih banyak dari sebelumnya.

Hingga akhirnya dokter ahli yang menanganinya menyarankan agar mbak Bunga melakukan Acne Light Teraphy untuk menghilangkan jerawat-jerawat yang tumbuh diwajahnya. Mbak Bunga merasa bingung tentang apa yang terjadi dengan kulit wajahnya. Apakah hal tersebut memang wajah terjadi? Ataukah kulit mbak Bunga tidak cocok dengan produk yang digunakan oleh pusat perawatan kulit tersebut?

JERAWAT MUNCUL TERUS MENERUS SETELAH PERAWATAN

Pembahasan Dan Solusi – Sebenarnya perlu diketahui terlebih dahulu, bahwa perawatan kulit BHA atau Beta Hydroxy Acid ini bisa menimbulkan munculnya jerawat pada wajah. Hal ini sering disebut dengan istilah purging. Purging secara mudah dapat diartikan dengan keadaan kulit yang memburuk sebelum akhirnya pulih kembali. Purging rentan terjadi pada kulit yang bermasalah dengan jerawat.

Jerawat Yang Muncul Terus Setelah Perawatan Kulit Muka Sering Disebut Dengan Purging
Jerawat Yang Muncul Terus Setelah Perawatan Kulit Muka Sering Disebut Dengan Purging
Biasanya purging timbul saat orang melakukan pengobatan jerawat dengan menggunakan bahan AHA (alpha hydroxy acid), retinoid dan BHA (beta hydroxy acid). Yang termasuk ke dalam BHA (beta hydroxy acid) antara lain asam salisilat, sulfur dan asam glikolat.

Jika mau melihat lebih dalam, maka tidak semua wanita atau perempuan akan mengalami purging ketika hendak menghilangkan jerawat dengan bahan-bahan diatas. Lalu, keadaan bagaimana yang menyebabkan seseorang mengalami purging?

Yaitu ketika pori-pori kulit wanita tersebut cenderung tertutup. Nah jika dalam perawatan, Anda menggunakan salah satu dari bahan diatas, maka bahan tersebut berperan membuka pori-pori wajah Anda yang tadinya tertutup. Biasanya dibawah lapisan kulit sudah ada benih-benih jerawat. Oleh karena itu ketika pori-pori kulit wajah Anda berhasil dibuka, maka banyak jerawat bermunculan. Itulah yang sebenarnya terjadi didalam purging.

Selain membuka pori-pori kulit, bahan diatas juga memiliki fungsi lainnya seperti menyingkirkan lapisan kulit mati, mengendalikan produksi minyak berlebih, membunuh bakteri penyebab jerawat dan juga dapat mengobati jerawat.

Bagi Anda yang sedang mengalami purging, mungkin bertanya-tanya berapa lama proses purging biasanya berlangsung. Ya, berapa lama purging terjadi biasanya tidak bisa diprediksi. Namun, biasanya dipengaruhi oleh seberapa parah masalah jerawat yang dialami dan tergantung pula pada jenis kulit yang dimiliki.

Pada umumnya, masalah jerawat yang tumbuh lebih banyak setelah melakukan perawatan bisa terjadi sampai berminggu-minggu. Nah, bagi Anda yang sudah mengalami masalah ini hingga hitungan bulan, mungkin sudah 2-3 bulan dan masalah jerawat Anda tidak menunjukan tanda-tanda akan membaik, ada baiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter ahli kulit wajah untuk mengetahui penyebabnya dan bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Selain dari penjelasan diatas ada faktor lain penyebab munculnya jerawat padahal sudah melakukan perawatan wajah, Simak Ulasan berikut ini :

  1. Berat Badan

Menurut para ahli yang mengadakan penelitian tersebut, berat badan yang meningkat ternyata akan meningkatkan aktivitas hormon androgen di dalam tubuh. Sehingga yang sebelum nya klenjar berfungsi untuk memproduksi minyak alami di wajah semakin meningkat. Ini lah salah satu penyebab tumbuh nya jearawat dengan tiba- tiba. untuk itu anda harus rajin menimbang berat badan apakah bertmbah atau stabil jika bertambah makan usahakan supaya berat badan anda menjadi ideal yaitu dengan cara mengurangi makan atau diet yang dibarengi dengn rutin ber olah raga.

Belum lagi, karena kenaikan berat badan, ukuran badan pun akan sedikit bertambah meskipun hanya di bagian-bagian tertentu sehingga membuat kamu jadi sedikit lebih keras memikirkan cara menutupi lemak-lemak di bagian tertentu itu. Seperti contoh sederhananya mungkin, bagian perut yang menjadi buncit.

2. Banyaknya Beban pikiran

kortisol atau Hormon stres ini, mengendalikan metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Lemak yang tidak melalui proses metabolisme yang baik akan keluar sebagai jerawat yang diakibatkan lemak berlebih. Apa hubungannya? Lanjut ke penyebab yang terakhir

3. Terlalu banyak lemak dalam tubuh

Tumpukan lemak dalam tubuh akan menyebabkan meningkatnya reaksi hormonal pada kulit, yang dapat meningkatkan produksi sebum (minyak alami kulit) dan menutupi pori-pori. Inilah yang kemudian menyebabkan jerawatmu bertambah banyak. Belum lagi, terlalu banyak timbunan lemak di dalam aliran darah kamu, akan membuat oksigen dan semua asupan nutrisi yang mengalir ke sel darah menjadi terhambat. Akhirnya, sel darah banyak yang tidak mendapat oksigen dan nutrisi yang cukup. Inilah yang dapat memperparah baik jumlah maupun keadaan jerawat kamu.

Mulai sekarang Hati-hati ya ladies! , kamu harus memperhatikan makanan yang kamu konsumsi.Berbagai macam menu kesukaan kamu tidak lah bermasalah. Akan tetapi jika terlalu di konsumsi secara berlebihan itu sangat tidak baik buat tubuh. Apapu kalau sudah berlebihan tidak akan baik. Jangan sampai anda menikmati makanan kesukaan kamu tapi kecantikan mu terganggu karena jerawat yang muncul tiba- tiba walaupun sudah melakukan perawatan maksimal.

Semoga ulasan ini bisa memberikan pencerahan bagi Anda yang sedang mengalami hal ini. Jangan bingung, tidak perlu panik, namun pastikan Anda segera memilih tindakan yang tepat agar masalah jerawat Anda tidak bertambah parah.

Terkadang perawatan dengan tujuan mempercantik diri tidak selalu sesuai dengan tujuan awal. Namun jangan menyesal, lakukan langkah yang tepat agar wajah Anda kembali cantik mempesona.

Kunjungi koleksi artikel kami yang lain untuk mendapatkan informasi berkualitas lainnya! terima kasih

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Reply: